Kenapa Kamu Memerlukan hak merek Buat DESAIN Kamu? BERIKUT ULASANNYA

Sempatkah Kamu mendengar tentang hak kekayaan intelektual( HKI)? HKI berbeda dengan hak cipta, sebab hak cipta diperuntukkan buat melindungi karya di bidang seni. Sebaliknya bagi undang- undang, hak kekayaan intelektual sendiri mencakup hak atas merek berbentuk logo, nama, kata, serta sejenisnya, hak desain industri, hak paten atas temuan sesuatu produk, serta sebagian hak yang lain.

Praktek tiru meniru serta silih jiplak kerap kali terjalin di dunia bisnis. Aspek yang universal ditiru di dunia bisnis merupakan desain sesuatu produk. Di pasaran, kita kerap memandang bahan- bahan yang sesungguhnya ialah hasil contekan dari merek ataupun brand populer. Oleh sebab itu, berarti untuk sesuatu usaha buat mendaftarkan hak kekayaan intelektual atas desain produknya.

Lalu kenapa hak paten buat desain ini berarti untuk bisnis Kamu? Ayo, ikuti uraian berikut ini.

Buat Mendapatkan Proteksi HUKUM hak merek

proteksi hukumDengan mendaftarkan hak paten desain, Kamu hendak memperoleh jaminan proteksi hukum atas hak- hak Kamu selaku pihak yang menghasilkan desain tersebut. Hak- hak tersebut dapat berbentuk hak moral buat menghargai status selaku pencipta serta hak ekonomi buat mendapatkan khasiat ekonomi atas ciptaan. Proteksi hak- hak ini merupakan senjata utama untuk orisinalitas bisnis Kamu. Sehingga bila terdapat usaha penjiplakan desain terhadap produk Kamu, pihak peniru bisa diseret ke meja hijau buat mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Buat MELINDUNGI DARI PEMBAJAKAN

proteksi pembajakanDengan terdapatnya proteksi hukum tadi, otomatis hak kepemilikan atas desain bisa meminimalisir efek terbentuknya tindak plagiarisme terhadap produk Kamu. Hak paten desain ini bisa melindungi bisnis Kamu dari serbuan kompetitor yang hendak mencontek bisnis Kamu. Oleh sebab itu, baru mengurus hak paten sehabis bisnis telah mulai berkembang besar merupakan suatu langkah yang galat, sebab aset- aset bisnis Kamu, tercantum desain, jadi tidak terlindungi dari pembajakan pihak- pihak tidak bertanggung jawab.

Selaku PENDORONG Buat BERINOVASI

ideKarena terlindungi haknya, para pengusaha dapat terus berinovasi tanpa rasa takut. Selaku contoh, simaklah gimana industri Apple sukses jadi sukses berkat terdapatnya hak atas merek, desain, serta hak paten buat produknya. Apple populer dengan banyak inovasi yang sukses dipatenkan. Tidak heran, industri ini kian besar serta kokoh sebab cuma mereka yang boleh memakai hak cipta tersebut.

Baca Juga : Spesifikasi Toyota Fortuner 2021 yang Semakin Gagah

Dapat DIKOMERSIALISASIKAN

komersilSebagai pemegang hak paten atas desain, Kamu berhak menggandakan, mendistribusikan, ataupun menyewakan ciptaan Kamu buat mendapatkan keuntungan komersil. Sehingga, Kamu dapat meningkatkan bisnis dengan metode menjual lisensi atas produk Kamu, misalnya desain yang Kamu miliki. Lisensi ini dapat jadi salah satu peninggalan bisnis Kamu yang pula bisa mengundang para investor buat tiba menanamkan modal, karena desain Kamu mempunyai nilai jual serta tidak dapai dipakai oleh sembarang pihak.

Demikianlah sebagian khasiat berartinya mendaftarkan hak paten atas desain Kamu secara hukum. Sangat jelas kalau hak ini sangat diperlukan untuk bisnis Kamu. Selaku anjuran, daftarkanlah hak paten desain Kamu sesegera bisa jadi buat menjauhi penjiplakan ataupun pembajakan dari kompetitor dengan bisnis sejenis. Jangan hingga, Kamu kedahuluan oknum lain yang tidak bertanggung jawab.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *